Blogroll

Sabtu, 25 Februari 2012

Saya Pendukung Legalisasi Sistem Budak

Perbudakan adalah Kasih Sayang daripada Ketidakpedulian yang membuat mereka musnah kelaparan. Kita harus gigih berjuang agar perbudakan kembali diterima kembali dalam masyarakat moderen. Menerima perbudakan berarti turut mengimani kitab suci Taurat, Bible, Veda dan al Quran yang semua sepenuhnya menjamin hak2 untuk memiliki budak. Kitab suci yang terakhir tidak saja menjamin kepemilikan atas budak, namun juga perlakuan yang adil dan bijaksana bagi dua pihak. Di Israel, membunuh non-yahudi bukan kejahatan sehingga konsekwensi logisnya pelaku tidak dapat diadili didalam wilayah konstitusi yang berbasis Torah dan Talmud.
Sedangkan didalam al Quran seorang budak tidak dapat lagi dibunuh jika bosan/ dipekerjakan melampaui batas ketahanan fisik sang budak dan tuan wajib melindungi hak2 pangan, sandang dan papan sang budak.
Perbudakan adalah penyelamatan bagi kaum yang tersisih secara evolusioner, dimana bangsa yang tidak dapat mempertahankan keberlangsungan hidupnya menerima sentuhan kasih sayang berupa pangan, sandang dan papan yang semuanya wajib ditukarkan dengan kebebasan fisiknya.
Abraham Lincoln 200 tahun lampau tidak menghapus perbudakan, melainkan memetamorfosakan perbudakan kedalam sebuah sistem yang lebih cerdas. Kapitalisme itu sendiri merupakan perbudakan terselubung, dimana buruh hanya menerima sebatas upah pengganti makan dan tempat tinggal, dan tidak ada nilai lebih yang mampu dipergunakan buruh selain ongkos pengganti makan dan sewa tinggal, ini adalah prinsip utama perbudakan (yaitu tidak ada nilai lebih untuk kebebasan). Kapitalisme dapat merampas lebih ganas lewat menggoyang struktur moneter suatu Negara, memaksa suatu Negara untuk mendevaluasi mata uangnya. Itu sebabnya RRC harus menolak intervensi devaluasi renmimbi dari tekanan USA. Demikian pula negeri2 Asia lain yang sengaja dipilih Kapitalis sebagai pilihan investasi sumber tenaga kerja murah ‘budak’.
Budak itu ada karena tuhan memberi inteligensi yang berbeda kepada setiap insan, kepada setiap etnis dan wana kulit. Budak itu karena ada suatu kumpulan manusia yang tidak mampu memiliki pemikiran logis atas langkah2 yang diambil untuk merubah masa depan. Maka hadirlah sang Tuan untuk memberi petunjuk dan menuntun sang budak memperoleh cita2 dan tujuan eksistensi kehidupannya yang singkat di muka bumi ini.
Sesungguhnya jika perbudakan kembali diterapkan kembali pada masa kini, maka kelaparan akan lenyap sepenuhnya dari dunia. Kerajaan Allah berdiri tidak nanti di akhirat, namun sekarang di bumi yang kalian pijak.
Setiap manusia berhak untuk bebas, namun sebagian manusia lebih baik kehilangan kebebasannya daripada mati kelaparan ! ~Yrgn Z'vi ~
http://en.wikipedia.org/wiki/IQ_and_the_Wealth_of_Nations
http://en.wikipedia.org/wiki/Nations_and_intelligence

 .....................................................................

SLAVERY
Menilik jauh kebelakang ribuan tahun yang lalu sejarah perbudakan hadir sejak pertumbuhan populasi manusia dan peradapan. Sejak jaman Mesir kuno, perbudakkan sudah dilakukan. Para budak berjasa besar membangun piramid-piramid megah yang sekarang menjadi bagian dari keajaiban dunia. Peradapan romawi kuno juga telah memperbudak manusia untuk membangun peradapannya. Kekaisaran Cina, Dinasti Qin Sing Huan Ti, bahkan untuk membangun Great Wall cina, sebagai benteng raksasa untuk menangkal kekuatan Kerajaan Mongol, memperbudak ratusan orang. Tembok besar itu dibangun dengan darah oleh orang-orang yang telah berkorban demi bangunan-bangunan megah tersebut sebagai simbol peradapan besar.
Sejarah perbudakan secara legal yang dilakukan oleh orang Eropa dimulai pada abad ke 14. Spanyol, Portugis, Inggris, Perancis menancapkan perbudakan sejak abad 14 hingga 18.

Peta jalur perbudakan
Pada awalnya bangsa Afrika adalah bangsa yang berdaya. Potensi kekayaan alam yang melimpah. Sejak jaman dahulu telah melakukan hubungan dagang dengan bangsa Eropa. Ketika abad penjelajahan yang dilakukan oleh Bangsa Eropa melewati samudera Atlantik lalu berlanjut ke semua samudera di Dunia. demi tahapan model hubungan dilakukan oleh Bangsa Eropa. Pada awalnya merupakan Hubungan dagang, lalu menjadi hubungan dengan model penghisapan dengan cara Kolonialisme dan Imperialisme.
Hal ini berlaku pula ketika bangsa Eropa datang ke Benua Afrika. Awalnya hanya menjalin Hubungan dagang. Lalu dengan kecerdasan orang Eropa yang mampu melihat peluang dengan jeli sehingga terjadilah perdagangan budak dan perbudakan menjadi sebuah system yang diskenario secara sistemik.

Awal Perbudakan di Afrika
Pada awalnya, orang menjadi budak dan mengapa terdapat perbudakan di Afrika? Pada mulanya sebagai bentuk hukuman bagi orang-orang yang telah melakukan perbuatan criminal dan melanggar hukum yang berlaku. Orang yang terhukum di hukum dengan cara dipaksa untuk melakukan apapun yang disuruh oleh Tuannya atau penguasanya.
Ketika Bangsa Eropa mengunjungi dan mengadakan hubungan dagang dengan penguasa local Afrika. Mereka mulai meminta budak sebagai barter dengan alcohol, senjata dan berbagai macam alat yang dibawa Orang Eropa untuk ditukar dengan budak, orang yang terhukum tadi.
Kebutuhan akan pekerja manusia untuk dipekerjakan sebagai pekerja kasar terus meningkat, maka Eropa memilih Orang Afrika untuk dijadikan Budak.

Rekruitmen Budak
Para budak itu diperoleh dengan cara barter para penguasa local Afrika dengan Orang Afrika. Lalu untuk menambah jumlah budak yang dibutuhkan maka selanjutnya perburuan budak pun dilakukan dengan cara penculikan dan penyerbuan di desa-desa di Benua Afrika.

Mereka, orang Afrika yang berhasil di culik memang mereka kalah persenjataan dengan Orang Eropa. Selain itu juga politik adu domba dilakukan oleh Orang Eropa untuk menambah budak.
Budak-Budak yang telah didapatkan selanjutnya dibawa ke Benua Amerika untuk dipekerjakan di perkebunan. Sejak itulah fase “Triangular Trade” berkembang.

Sebuah model segitiga perdagangan dan rute (jalur) pelayaran budak dari Afrika ke Benua Amerika melewati samudera Atlantik lalu dipekerjakan di Benua Amerika. Dan Hasil Bumi perkebunan berupa Kopi, Gula, Rum dan sebagainya dibawa ke Benua Eropa. Dan lalu Bangsa Eropa mengirimkan senjata, alcohol untuk penguasa eropa dan memburu budak hingga hal tersebut terus berlangsung disebut oleh para pedagang Eropa dengan Triangular Trade.

Dan itu berlangsung secara sistemik selama 4 abad. Dari abad ke 14 hingga 18 ketika abolishment (penghapusan perbudakan) terjadi.

Middle Passage
Middle Passage adalah sebuah perjalanan yang begitu mengerikan bagi para Budak. Sebuah rute pelayaran para budak dari Benua Afrika ke Benua Amerika melewati samudera Atlantic yang juga terkenal dengan Transatlantic. Perjalanan dengan kapal laut yang membutuhkan waktu selama 8 hingga 10 minggu untuk sampai ke Benua Amerika.

Middle Passage adalah perjalanan yang dehumanis karena:
Perlakuan para pedagang Eropa yang membawa budak diperlakukan secara menyedihkan dengan model “loose Pack”. Para Budak berdesak-desakan di dek kapal. Di beri makan sedikit, tidak ada toilet, sehingga Muntahan, berak, kencing dilakukan di tempat yang sama. Bisa dibayangkan apa terjadi? Banyak Budak yang menderita sakit. Bahkan begitu kejamnya perlakuan ketika “Middle Passage” banyak budak yang stress berupaya untuk bunuh diri dengan cara mogok makan.

Bahkan banyak budak yang berusaha meloncat dari kapal untuk Bunuh diri karena tidak tahan selama perjalanan yang mengerikan. Tetapi cerdasnya para awak kapal Bangsa Eropa, mereka memasang jaring dan jala di sekeliling kapal sehingga para budak tersebut tidak bisa terjun ke laut untuk bunuh diri. Sebab kematian budak adalah kerugian bagi pedagang budak.

Kapal yang berisi budak-budak yang telah merapat di pelabuhan di Benua Amerika oleh selanjutnya dilelang/dijual oleh pedagang budak melalui pelelangan. Poster-poster pelelangan budak disebarkan di penjuru kota. Jadwal pelelangan ditetapkan.

Budak yang kuat, sehat merupakan budak dengan harga yang paling tinggi/mahal. Selanjutnya budak yang kecil, muda, tua, sakit terjual paling akhir dengan harga yang murah.

Biasanya budak yang datang dengan keluarganya dipisahkan dan dijual terpisah oleh para pedagang Budak.
Yang mengenaskan para budak ketika pelelangan, mereka tidak paham akan situasi apa yang mereka hadapi. Pelelangan dilakukan dengan bahasa yang tidak mereka pahami. Dan tahu-tahu mereka diambil berganti tuan yang baru.

Kehidupan Para Budak (How Slaved Lived)
Para Budak yang berada di Amerika Utara biasanya dipekerjakan di pabrik. Dan para Budak yang berada di Amerika Selatan dipekerjakan di perkebunan.
Kehidupan para budak sungguh menyedihkan.
1. Setiap hari mereka harus bekerja keras dari matahari terbit hingga matahari terbenam tanpa gaji dan perlakuan kasar.
2. Untuk tempat berlindung para budak harus membangun rumahnya sendiri dengan bahan seadanya.
3. Untuk makan, biasanya mereka makan makanan seadanya.
4. Dalam setahun hanya diberikan 3 underwears, sepasang sepatu dan pakaian seadanya oleh Tuannya.
5. Para budak tidak diperkenankan berbicara ketika bekerja dengan bahasa mereka. Bila berbicara akan mendapatkan hukuman.
6. Para budak tidak boleh belajar membaca dan menulis. Tetapi Pada hari minggu mereka diperbolehkan pergi ke Gereja.

Kehidupan Budak di Perkebunan
Tembakau, kapas, Gula, kopi adalah hasil perkebunan yang dikerjakan oleh para budak. Selanjutnya hasil bumi tersebut dikirim ke Eropa.
Hukuman Budak
Budak adalah orang yang harus menuruti kehendak Tuannya. Bila tidak menuruti kemauan Tuannya. Budak akan mendapatkan hukuman.
Budak akan dihukum bila:
1. Tidak bekerja giat.
2. Banyak berbicara selama bekerja.
3. Mencuri dari tuannya.
4. Berupaya melarikan diri.
5. Berupaya mengadakan pemberontakan.
Hukuman para budak dilakukan didepan umum para budak dengan tujuan sebagai bentuk intimidasi para budak agar tidak melakukan pembangkangan.Tingkat dan model Hukuman tergantung dari kesalahan yang telah dilakukan oleh para Budak.

Demikianlah sejarah perbudakan yang telah berlangsung selama 4 abad. Abilitionism (penghapusan perbudakan) mulai terjadi pada abad 18 dan awal abad 19. Abraham Lincoln adalah tokoh penting yang berupaya untuk menghapuskan perbudakan di Amerika Serikat walaupun akhirnya menyebabkan perang sipil di Amerika.

Tokoh penting lainnya adalah Olaudah Equino, yang menginspirasi penghapusan perbudakan.
Perbudakan adalah bentuk eksploitasi manusia yang keji.

Tetapi hingga sekarang perbudakan masih terus berlangsung walaupun telah terdapat ratifikasi hak asasi manusia. Perbudakkan jaman sekarang berubah bentuk dengan lebih cerdas dengan human trafficking, prostitusi, forced labour, bonded labour dan child labour.
Selama masalah kemiskinan dan pendidikan belum tuntas perbudakan akan terus terjadi dan bermetaforsis bentuk eksploitasi manusia.
Tulungagung, 12 February 2011
Terinspirasi dari mengajar Trading in Human Misery.
Sari Oktafiana

SUMBER: http://sejarah.kompasiana.com/2011/02/12/sejarah-perbudakan/

 .....................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar